Pengikut

Selasa, 28 Juli 2020

Asking, giving, and responding opinions Materi Bahasa Inggris MTs/SMP Kelas 8 Sem.1


Asking, giving, and responding opinions
Materi Bahasa Inggris MTs/SMP Kelas 8 Sem.1


Ekspresi yang mengungkapkan mengenai permintaan pendapat, memberi pendapat dan merespon pendapat
 tersebut.
Berikut ini adalah ungkapan atau expression yang digunakan:





Ekspresi yang digunakan untuk meminta pendapat(opinion)

–      What do you think of….?
–      What do you think about …?
–      What’s your opinion of…?
–      What do you feel about…?
–      What can you say about….?
–      How do you feel about…?
–      Do you think….?
–      What’s your idea…?


Ekspresi yang digunakan untuk memberi opini

–      In my opinion…
–      In my view…
–      I think…
–      I believe…
–      I guess…
–      To my mind…
–      What I have in my mind…


Jawaban atau respon atas pendapat yang dilontarkan

–      I think so
–      That’s right
–      It’s true
–      I don’t think so
–      If I may say so,…
–      I disagree
–      I can’t say that



Memberi saran (giving opinions)

Terdapat tiga tingkatan dalam memberi saran. Mulai dari yang efeknya lemah hingga kuat. Berikut adalah jenisnya.

Lemah

I am not sure, but… (Aku tidak yakin, tapi…)
I could be wrong, but… (Mungkin aku salah, tapi…)
I am no expert, but… (Bukan ahlinya, tapi…)
I tend to think that… (Aku merasa bahwa…)
I feel that… (Aku merasa bahwa…)
I suppose… (Aku rasa…)

Sedang

I would like to point out that… (Aku ingin menekankan bahwa…)
In my opinion… (Saranku…)
I honestly think that… (Sejujurnya aku berpikir bahwa…)
I think… (Kupikir…)
The way I see it is that… (Caraku melihatnya yaitu…)

Kuat

I strongly believe that… (Aku sungguh yakin bahwa…)
I really believe that… (Aku sungguh yakin bahwa…)
I am convinced that… (Aku yakin bahwa…)
I am certain that… (Aku yakin bahwa…)
From my point of view… (Menurut sudut pandangku…)
There is no doubt in mind that… (Sudah jelas bahwa…)



Contoh penggunaan ekspresi di dalam dialog:

1. 
Percakapan 1

Anton : Hey, Bagas! Have you watched the Game of Thrones series? (Hei, Bagas! Sudahkah kamu nonton serial Game of Thrones?)

Bagas: Of course I have! (Tentu saja sudah!)

Anton: What is your point of view, then? (Kalau begitu, apa pendapatmu tentang itu?)

Bagas: I honestly think that the actors have unbelievable acting skills. (Sejujurnya aku berpikir bahwa pemerannya memiliki kemampuan berakting yang sangat keren.)

Anton: Good point. And what is your opinion about the plot? (Benar juga. Lalu apa pendapatmu soal jalan ceritanya?)

Bagas: There is no doubt in mind that the plot is mind-blowing! By the way, how about we watch another Netflix series together? (Sudah jelas bahwa jalan ceritanya menakjubkan! Omong-omong, bagaimana kalau kita nonton serial Netflix lainnya?)

Anton: I strongly believe that is a great idea. We can watch Stranger Things, perhaps? (Aku sungguh yakin itu ide yang bagus. Mungkin kita bisa nonton Stranger Things?)

Bagas: That is great. Let’s go! (Bagus. ayo!)

   Percakapan 2
     
             
Mr. Amir
:
Look, everybody. I have a new English book. What do you think about it?
Ridho
:
In my opinion, it is such an expensive book.
Mr. Amir
:
Very good. How about you Gani?
Gani
:
Well, I think it’s OK. I like that. It’s not thick and no expensive.
Mr. Amir
:
Good. Anybody has another opinion?
Hadi
:
Yes, I have. My opinion is that the book is too thick.
Mr. Amir
:
Good. All your answers are correct. Do you understand, students?
Students
:
Yes, sir.
Mr. Amir
:
Great. You’re really smart.
Students
:
Thank you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Bahasa Inggris Kelas 8: Expression of Obligation and Suggestion

  Materi Bahasa Inggris Kelas 8:  Expression of Obligation and Suggestion Written By Iramaya, S.Pd  Bahasa Inggris chapter III  We know wh...